Book Review: Strategi Membeli Banyak Properti Tanpa Uang Tanpa KPR, nggak perlu nunggu harga miring - Cipto Junaedy

21 Sep 2010

Ini buku yang saya beli waktu hari ke-2 lebaran, buku seharga Rp. 90.000 di Gramedia - BSM, penerbit Gramedia Pustaka Utama

buku yang bercover wajah si penulis dengan berlatar merah maroon dan bertuliskan National Bestseller, saya beli karena saya memang lagi butuh buku untuk belajar bisnis properti di Indonesia. Dan saya lihat buku ini dari beberapa bulan yang lalu terpampang di display depan bagian buku best seller di gramedia MKG, ternyata waktu saya beli di BSM ini buku juga di rak bagian Bestseller.

Untuk ukuran buku yang tebaklnya 117 halaman, harga 90ribu cukup mahal meskipun buku tersebut hardcover (untuk sebagian orang, terutama seperti saya ga penting juga buku covernya apaan, klo bisa covernya daun pisang biar go green)… 13 pre-halaman(no. romawi) isinya semua testimonial para peserta seminar, bukan testimonial orang yang baca buku..pas saya lihat langsung:”nice nih buku, dari luar dah keliatan sebenernya ini orang jual seminar bukan jual buku, seperti para sebagian besar penulis dan juga pembicara, cuman untuk buku ini kok semua testimonialnya isinya dari orang yang mengikuti seminar, okelah saya coba baca dulu”

inilah yang saya benci dari diri saya sendiri, buku yang baru saya beli dari mulai merobek lapisan plastik sampai tuh buku saya taro dilantai, kurang dari 30 menit.. dan isi bukunya.. LUAR BIASA dikit.. bukan hanya tulisannya dikit, tapi isi tulisannya juga dikit. buku ini dibagi dalam 5 bab.. seperti banyak buku2 lainnya 3 bab awal isinya cuman pembukaan, dan bab 1 berbicara tentang mindset, lalu bab selanjutnya mengenai maksud tanpa uang adalah tanpa uang tanda jadi, uang muka, angsuran, dan tentunya bukan uang hasil ngutang apalagi uang orang tua/mertua. baru bab 4 masuk pada bagian strategi.

kenapa saya mencari buku tentang bisnis properti dan harus penulis dari Indonesia, karena saya sebelumnya memang belajar mengenai properti dari banyak expert dari luar negeri, kebanyakan buku dari Donald Trump, dan tentunya properti walau bentuknya sama di tiap negara tapi yang jauh beda adalah iklim sosial, suku bunga/institusi keuangan, sampai dengan peraturan dan proses jual beli tanah/rumah/apartemen. sehebat apapun ahli properti luar, tetep aja kalau udah beda peruturan/undang2 akan perlu ilmu baru. itulah alasan saya beli buku ini.

pada bab strategi diberikan 3 strategi dari 30 strategi yang ada. menurut penulisnya kalau buku terbatas untuk menjelaskan semua strategi.. saya langsung berfikir:”ini penulis malas atau pelit sih?”
memang kalau dari buku luar mengenai properti paling standar adalah beli properti nyicil ke bank dan yang bayar cicilannya adalah si pengontrak properti, tapi di buku cipto junaedy dijelaskan antara bunga KPR+cicilan pokok lebih tinggi dari rata2 harga sewa.. intinya klo cuman dari sewa doank tuh cicilan ga akan nutup.. oke, masuk akal, dan sesuai kenyataan.. dan strategi lainnya memang applicable buat di Indonesia..

seminggu kemudian saya memutar vcd yang terdapat di dalam buku, vcd dengan durasi kurang dari 30menit.. isinya lebih kosong lagi dari bukunya.. isinya 80% testimonial peserta seminar, itu juga nama2 yang ada di buku, sisanya 20% pembukaan seminar dari pak cipto..sama sekali tidak membahas strategi/cara.

didalam buku juga terdapat voucher seminar senilai 1juta rupiah, yang membuat di depan cover buku ini tertulis:”bonus vcd dan voucher seminar senilai 1juta rupiah”… saya sampai sekarang belum buka web si penulis karena disitu tertera jadwal seminar, mungkin juga ada harga seminarnya.. lucu juga yang nentuin harga seminar si penulis, lalu memberikan voucher buat seminar si penulis sendiri.. secara logika bagi yang mau ikut seminar sebaiknya beli buku biar dapet diskon, dan bagi yang beli buku ikut seminar biar dapet “1juta rupiah”, biasa sih dalam seminar2 preview dapet diskon juga bila yang peserta preview daftar langsung di tempat, jadi apa kah ngaruh voucher dalam buku ini?

dibandingkan buku2 yang saya beli yang si penulis juga pembicara seminar.. buku ini berada di urutan paling bawah buku yang pernah saya beli dan saya baca.. JAUHHHH bila dibandingkan buku2 Tung Desem Waringin, atau Andrie Wongso, bahkan dibanding buku yang sama tipisnya dari motivator termuda Bong Chandra. Tapi saya sangat appreciate karena isi dalam buku ini bicara tehnik bukan mindset seperti buku2 motivasi lainnya, walaupun dalam buku ini dari seluruh halaman, tehniknya paling 10-20%, itupun ga terlalu rinci isinya, tapi ya okelah…

penilaian overall: buku SANGAT BAGUS untuk menjual seminar, karena judul bukunya baru bisa dipraktekan(mungkin) bila kita udah ikut seminarnya.

buat pembaca tulisan saya yang pernah ikut seminar, boleh dong sharing.. saya tertarik sih buat ikut seminarnya, karena saya memang awam bahkan 0, ilmu tentang properti di Indonesia, tapi nantilah konsultasi dulu sama rekan bisnis saya, kalau rekan saya bilang ga perlu karena semua modal bisnis properti dia yang tanggung, yaudah ngapain repot2 mikir gimana beli properti tanpa uang, toh saya emang ga keluar uang sama sekali karena uang teman saya yang kepake :D

oh,ya ini saya nemu link blog tentang testimonial ASLI seminar si Cipto


TAGS


Comment
  • lewinda 3 years ago

    hampir saja berangkat Gramedia..
    ternyata setelah testimony anda, jd bisa ngira-ira kebulshitan buku Cipto Junaidi..

  • bong 4 years ago

    Semua ilmu ada harga dan waktunya kan?

    10 tahun kerja dgn gaji brp dan hutang berapa ?
    bisa beli rumah?

    1 hari ikut seminar mahal 4juta bisa jamin kedepan buat beli rumah? kalau ada ikut gak? sayangnya ga ada.

    orang kayak kita maunya kaya cepet? iya apa enggak?
    dalam 6 bulan bisa beli rumah cepet apa enggak?
    yang instan bisa bertahan lama apa enggak?

    jadi #galau

    si cipto ini bener” bisa ngrusak akal dan emosi.
    hati hati!!!!!!

  • taufiq 4 years ago

    trims atas infonya.
    minta 3 strategi yang di tulis di bukunya dong kirim
    ke e-mail aku ya!
    taufiqnurhidayatullah@gmail.com

    terimakasih atas ke murahan hatinya yang telah mau berbagi strateginya.

  • kim 4 years ago

    bagus gan ane dukung.
    makasih postingannya . mencerahkan.

  • rian 4 years ago

    strategi membeli rumah tanpa uang, tanpa utang, tanpa nunggu harga miring seharusnya diikuti juga dengan seminar tanpa uang, atau setidaknya murah.
    karena saya pernah ikut seminar gratisnya…dan isinya kurang lebih sama seperti di buku itu.
    kalo mau ikut seminar pendalamannya biayanya 5 juta dari jam 9 pagi sampai 18. biaya seminar itu dapat potongan harga dari voucher senilai 1 juta dari buku itu dan dpt potongan lagi jika mendaftar menjadi peserta seminar sebelum kurang dari 18 orang, jadi biaya seminar pendalamannya senilai 3juta.
    sayangnya tidak ada kata JAMINAN PASTI AKAN DAPAT PROPERTI minimal 1 saja

  • rioap 4 years ago

    saya tadinya mau beli bukunya abis lagi promosi gitu jadi penasaran. ada pdfnya gak ya? biar bisa baca bukunya gratisan, tanpa uang >,<

  • Harry 5 years ago

    Ternyata bener juga.. Kemaren mau beli buku ini Gramedia, untung sempet cek baca2 dikit dari salah satu sampel buku yg nggak diplastikin. Setelah baca2 kok isinya testimonial doang dan cuman jual seminar ?! Ga jadi beli deh. Mana mahal pula bukunya, 150rb.
    Tapi tetap ada pelajaran bagus di sini : you can sell everything! even crap like this book… Yang penting dibungkus hardcover yg bagus, dan dijual muahalll… pasti laku keras

  • John 5 years ago

    Isi buku ini sangat sampah. karena hanya mengulang2 repitisi saja. dari mulai halaman 1 sampai 40 hanya berisi perkataan tentang kita harus beli rumah untuk anak dan bla bla bla. tidak mengajar apa2 sama sekali. Dari halaman 40 - 80 ada strategi tapi sangat sedikit dan juga mengulang2. dari halaman 80 sampai habis hanya tentang info tentang arti surat pajak, arti bunga bank dan info sederhana lainnya yang bisa didapat di wikipedia. Selain info dasar ini sisanya hanya foto2 seminar yang cipto telah lakukan.

    Intinya buku ini hanya iklan agar kita ikut seminarnya. JANGAN BELI BUKU INI karena hanya tipuan dan tidak mengajar apa2 yang berguna! saya menyesal beli buku ini!

  • ann 5 years ago

    bisa gak ya, beli buku ato ikut seminarnya pak cipto Junaedy tanpa uang tanpa hutang???hi.hi.hi.

  • rommy 5 years ago

    review ini sangat membantu dan berguna bagi semua orang yang hendak mengetahui mengenai buku Cipto Junaedy….,

    saya sempat melihat iklan seminar-nya di koran kompas dan di beberapa media online lainnya..

    saya coba telusuri web site pribadinya : http://ciptojunaedyebook.com/
    *setelah sekilas saya lihat betul-betul menjebak dan sama seperti iklan lainnya yang serupa..
    Isinya lebih ke testimonial orang-orang yang tentunya akan mengubah cara berpikir akal sehat kita..

    Testimonial yang ada biasanya membuat kita sebagai manusia jadi lebih tertarik dan percaya akan emosi dibandingkan akal sehat…

    dan yang anehnya lagi di awal di bilang bukan MLM tapi di buku berikutnya mengenai Franchise tentang cara menjadi sukses spt pengarang … PENIPUAN GANDA ini …

    Overall Review:
    Penulis SANGAT PINTAR MEMANFAATKAN situasi kondisi krisis ekonomi, dengan “membuat emosi pembaca mengambil alih akal sehat si pembaca tersebut”.

  • imam basori 5 years ago

    MAKASIH INFONYA MUDAH MUDAHAN NGAK ADA UNSUR FITNAH

  • ikhwan alim 5 years ago

    setuju..banyak banget yang cuma jualan buku en seminar..

    untung saya mampir ke blog ini, jadi ga perlu beli en baca bukunya..

    trims ya :)

    baca review-nya, ahh.. :d

  • robby 5 years ago

    wah utung banget nih nemu review nya,pada hal udah pengen ikut seminar nya,hehehehe….so gak jadi aja ah…..thx mas bro… :)

  • Hua Yibo 6 years ago

    Masa sih bukunya ngga ada isinya?

    Saya baru-baru ini tertarik untuk membeli buku Cipto Junaedy. Tapi karena bukunya mahal-mahal, dan saya tidak butuh sampulnya yang hardcover yang bikin bukunya mahal, maka saya memutuskan surfing dulu di Internet mengenai review buku tsb.

    Saya ini memang selalu cari review buku, bahkan sebelum download buku yang gratis pun, saya cari reviewnya dulu di Internet.

    Ternyata agak sulit menemukan hasil pencarian yang berupa benar-benar review terhadap buku karangannya. Situs Anda adalah yang pertama yang saya temukan, yang isinya benar-benar review. Okay, saya percaya dengan informasi Anda deh. Memang jalan pintas untuk cari uang itu memang sulit yach. :)

  • fahmy 6 years ago

    ternyata isi buku dengan harga semahal ini, hanya iklan doang ya isinya. Thanks lah, untung baca review dari juragan sebelum memutuskan beli buku ini. Padahal di labelin best seller tapi isinya rak bawah…makasih juragan

  • bone 6 years ago

    saya di marahin istri gra2 bali buku isinya cuman testimoni, lha strateginya mana??? bego bego..
    pinter nih orang, salut gue..

  • Grosir Jilbab Murah 6 years ago

    5 menit yang lalu, saya sudah mau ke Gramedia di Malang. Tapi begitu beruntungnya, syukur alhamdulillah … tiba-tiba hasil telusuran saya jatuh di blog review buku “Strategi Membeli Banyak Properti Tanpa Uang Tanpa KPR, nggak perlu nunggu harga miring - Cipto Junaedy”
    Akhirnya, kuputuskan ga jadi deh..
    Terima Kasih Banyak

  • jagoan 6 years ago

    Saya sudah membaca buku ini sampai habis, isinya sampah, dan bahkan Buku Bong Chandra or om Bob Sadino jauh lebih berarti daripada buku kpr bullshit ini. Kalau om Bob bilang “Ni orang emang Goblok!” yah itu dia ga ada isinya. Malah membuat kita spend hampir 200 ribu utk sebuah buku yang isinya kosong. Tapi saya harus mengakui penulisnya cukup pinter juga mendapat keuntungan dari orang2 yang membeli bukunya, dan terpaksa ikut seminarnya. Dapet duit 2 kali deh! Jadi lebih baik ga usah beli bukunya deh apalagi ikut seminarnya like others have mentioned, soalnya ga ada isinya alias goblok!. There is no shortcut to reach success!

    thx gan dah mampir.. yup setuju saya soal buku ini :)

  • Mardi 6 years ago

    Thanks to adadehmautauaja (nama asli anda siapa sih?)

    Tanggal 10 November 2010 pagi, secara tidak sengaja melihat iklan di Kompas tgl 16 November 2010. “Strategi membeli banyak property tanpa uang tanpa KPR”. Saya jadi penasaran, dan apa mungkin ya?
    Malam hari aku coba browsing di google, dan nemuin websitenya “Cipto junaedy”, kok isinya cuma diulang-ulang dihalaman yang berbeda-beda ya?
    Dan yang paling menonjol iklan buku dia, saya jadi curiga, ni orang pasti cuman ingin jualan buku.
    Tapi aku masih penasaran dan berhasrat ingin beli bukunya, tapi setelah melihat review bukunya dari anda, saya sepertinya dah gak penasaran dan gak tertarik lagi.

    Makasih banyak infonya.

    Tidak ada didunia ini yang bisa didapat dengan mudah dalam waktu yang singkat tanpa usaha yang sangat keras.


    syukur Pak klo bisa membantu :) dia itu cuman jual seminar Pak… buku+seminarnya total crap… itu saya dapet dr yg ikut…maaf pak klo saya patahkan soal usaha sangat keras bukan faktor sukses, tapi ilmu yang efektif dan penerapan sesuai.. theres no shortcut way in this life but we able to run faster…

-

Author

Follow Me