Book Review: Strategi Membeli Banyak Properti Tanpa Uang Tanpa KPR, nggak perlu nunggu harga miring - Cipto Junaedy

21 Sep 2010

Ini buku yang saya beli waktu hari ke-2 lebaran, buku seharga Rp. 90.000 di Gramedia - BSM, penerbit Gramedia Pustaka Utama

buku yang bercover wajah si penulis dengan berlatar merah maroon dan bertuliskan National Bestseller, saya beli karena saya memang lagi butuh buku untuk belajar bisnis properti di Indonesia. Dan saya lihat buku ini dari beberapa bulan yang lalu terpampang di display depan bagian buku best seller di gramedia MKG, ternyata waktu saya beli di BSM ini buku juga di rak bagian Bestseller.

Untuk ukuran buku yang tebaklnya 117 halaman, harga 90ribu cukup mahal meskipun buku tersebut hardcover (untuk sebagian orang, terutama seperti saya ga penting juga buku covernya apaan, klo bisa covernya daun pisang biar go green)… 13 pre-halaman(no. romawi) isinya semua testimonial para peserta seminar, bukan testimonial orang yang baca buku..pas saya lihat langsung:”nice nih buku, dari luar dah keliatan sebenernya ini orang jual seminar bukan jual buku, seperti para sebagian besar penulis dan juga pembicara, cuman untuk buku ini kok semua testimonialnya isinya dari orang yang mengikuti seminar, okelah saya coba baca dulu”

inilah yang saya benci dari diri saya sendiri, buku yang baru saya beli dari mulai merobek lapisan plastik sampai tuh buku saya taro dilantai, kurang dari 30 menit.. dan isi bukunya.. LUAR BIASA dikit.. bukan hanya tulisannya dikit, tapi isi tulisannya juga dikit. buku ini dibagi dalam 5 bab.. seperti banyak buku2 lainnya 3 bab awal isinya cuman pembukaan, dan bab 1 berbicara tentang mindset, lalu bab selanjutnya mengenai maksud tanpa uang adalah tanpa uang tanda jadi, uang muka, angsuran, dan tentunya bukan uang hasil ngutang apalagi uang orang tua/mertua. baru bab 4 masuk pada bagian strategi.

kenapa saya mencari buku tentang bisnis properti dan harus penulis dari Indonesia, karena saya sebelumnya memang belajar mengenai properti dari banyak expert dari luar negeri, kebanyakan buku dari Donald Trump, dan tentunya properti walau bentuknya sama di tiap negara tapi yang jauh beda adalah iklim sosial, suku bunga/institusi keuangan, sampai dengan peraturan dan proses jual beli tanah/rumah/apartemen. sehebat apapun ahli properti luar, tetep aja kalau udah beda peruturan/undang2 akan perlu ilmu baru. itulah alasan saya beli buku ini.

pada bab strategi diberikan 3 strategi dari 30 strategi yang ada. menurut penulisnya kalau buku terbatas untuk menjelaskan semua strategi.. saya langsung berfikir:”ini penulis malas atau pelit sih?”
memang kalau dari buku luar mengenai properti paling standar adalah beli properti nyicil ke bank dan yang bayar cicilannya adalah si pengontrak properti, tapi di buku cipto junaedy dijelaskan antara bunga KPR+cicilan pokok lebih tinggi dari rata2 harga sewa.. intinya klo cuman dari sewa doank tuh cicilan ga akan nutup.. oke, masuk akal, dan sesuai kenyataan.. dan strategi lainnya memang applicable buat di Indonesia..

seminggu kemudian saya memutar vcd yang terdapat di dalam buku, vcd dengan durasi kurang dari 30menit.. isinya lebih kosong lagi dari bukunya.. isinya 80% testimonial peserta seminar, itu juga nama2 yang ada di buku, sisanya 20% pembukaan seminar dari pak cipto..sama sekali tidak membahas strategi/cara.

didalam buku juga terdapat voucher seminar senilai 1juta rupiah, yang membuat di depan cover buku ini tertulis:”bonus vcd dan voucher seminar senilai 1juta rupiah”… saya sampai sekarang belum buka web si penulis karena disitu tertera jadwal seminar, mungkin juga ada harga seminarnya.. lucu juga yang nentuin harga seminar si penulis, lalu memberikan voucher buat seminar si penulis sendiri.. secara logika bagi yang mau ikut seminar sebaiknya beli buku biar dapet diskon, dan bagi yang beli buku ikut seminar biar dapet “1juta rupiah”, biasa sih dalam seminar2 preview dapet diskon juga bila yang peserta preview daftar langsung di tempat, jadi apa kah ngaruh voucher dalam buku ini?

dibandingkan buku2 yang saya beli yang si penulis juga pembicara seminar.. buku ini berada di urutan paling bawah buku yang pernah saya beli dan saya baca.. JAUHHHH bila dibandingkan buku2 Tung Desem Waringin, atau Andrie Wongso, bahkan dibanding buku yang sama tipisnya dari motivator termuda Bong Chandra. Tapi saya sangat appreciate karena isi dalam buku ini bicara tehnik bukan mindset seperti buku2 motivasi lainnya, walaupun dalam buku ini dari seluruh halaman, tehniknya paling 10-20%, itupun ga terlalu rinci isinya, tapi ya okelah…

penilaian overall: buku SANGAT BAGUS untuk menjual seminar, karena judul bukunya baru bisa dipraktekan(mungkin) bila kita udah ikut seminarnya.

buat pembaca tulisan saya yang pernah ikut seminar, boleh dong sharing.. saya tertarik sih buat ikut seminarnya, karena saya memang awam bahkan 0, ilmu tentang properti di Indonesia, tapi nantilah konsultasi dulu sama rekan bisnis saya, kalau rekan saya bilang ga perlu karena semua modal bisnis properti dia yang tanggung, yaudah ngapain repot2 mikir gimana beli properti tanpa uang, toh saya emang ga keluar uang sama sekali karena uang teman saya yang kepake :D

oh,ya ini saya nemu link blog tentang testimonial ASLI seminar si Cipto


TAGS


-

Author

Follow Me